Diumumkan kepada masyarakat pengguna internet, bahwa: Akhir-akhir ini ada sekitar 60 akun facebook yang menggunakan nama Pakde Karwo, Sukarwo Pakde, Sukarwo Gubernur. Sesungguhnya Bpk. Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum. tidak pernah membuat akun facebook dengan nama apapun. Oleh karena itu, isi dari akun facebook dimaksud diluar sepengetahuan dan ijin beliau - Biro humas & Protokol - Dinas Kominfo Jawa Timur

AUSTRALIA TINGKATKAN KERJASAMA PERTANIAN DAN PETERNAKAN DENGAN JATIM

Tanggal: 5-09-2012

Gubernur Jatim saat menerima Ketua Parlemen Australia Barat, Grant Woodhams MLA di Surabaya, Rabu (5/9)

Pemerintah Australia Barat berencana terus meningkatkan hubungan kerjasama di segala bidang khususnya produksi industri, pertanian, peternakan, perkebunan dan olahraga  dengan Provinsi Jawa Timur. Diharapkan peningkatan hubungan kerjasama itu lebih efisien dan bisa bermanfaat bagi ke dua negara.

Ini dikatakan Kepala Biro Administrasi Kersama Setda Prov Jatim, Lili Saleh W, usai  mengantar  Ketua Parlemen Australia Barat, Grant Woodhams MLA, menghadap Gubernur Jatim Soekarwo di Kantor Gubernur Jatim, Surabaya, Rabu (5/9).

Lili mengatakan, kerjasama Jatim dengan Australia Barat sudah berlansung hampir 22 tahun. Hubungan kerjasama tersebut akan diperbaruhi pada November mendatang dengan menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) guna memperbaruhi hubungan kerjasa Jatim dengan Australia untuk 5 tahun ke depan.

Dengan Mou tersebut diharapkan kerjasama Jatim dengan Australia semakin kuat di segala bidang diantaranya pertanian dan peternakan.

Di bidang pertanian, Kata lili, Jatim saat ini sedang membutuhkan komoditi pengganti komoditas kacang kedelai sebagai bahan penganti bahan baku pembuatan tempe dan tahu. Sedangkan Australia saat ini sedang mengembangkan komoditas varitas lupin sebagai tanaman pengganti kacang kedelai tersebut. Jatim menginginkan sekali lupin dari Austraia bisa didatangkan ke Jatim untuk penggati kedelai sebagai bahan baku tempe dan tahu yang saat ini harganya cukup mahal .

Ketua Parlemen Australia Barat, Grant Woodhams MLA, mengatakan, hubungan kerjasama antara Australia dengan Provinsi Jatim yang  sudah berjalan cukup lama diharapkan semakin ditingkatkan terus khususnya di bidang produk industri pertanian perkebunan buah-buahan dan olahraga.

Australia mengakui antara Jatim dengan negaranya memang berbeda kultur tetapi ke dua negara terus berupaya mencari titik tengah untuk mencari kesamaan guna meningkatkan kerjasama khususnya di sektor pertanian, perkebunan dan peternakan.

Menurut Grant, Australia selama 40 tahun ekonominya tumbuh cukup baik karena didukung oleh pertambangan yang cukup banyak dan pertanian. Produk pertanian khususnya gandum yang banyak di negaranya telah di ekspor ke PT Bogasari Jatim sebagai bahan baku pembuat tepung terigu. Melihat fakta yang demikian, ke depan Australia tidak bisa hanya mengandalkan pertambangan saja sebagai penyokong pertumbuan perekonomiannya. Dengan produk pertanian dan perkebunan buah-buahan yang cukup melimpah diharapkan juga bisa mendukung ekonomi di Austraia. Australia berharap produk pertanian dan buah-buahan bisa diterima di Jatim dengan imbalan Australia akan mengalihkan teknologi di bidang peternakan dan persusuan ke Jatim.

Dengan tawaran Australia tersebut Jatim menyambut baik dan akan mempelajari serta menyiapkan calon-calon tenaga muda Jatim yang siap meneraima transfer alih teknologi dari negara kangguru tersebut. (ryo)