Diumumkan kepada masyarakat pengguna internet, bahwa: Akhir-akhir ini ada sekitar 60 akun facebook yang menggunakan nama Pakde Karwo, Sukarwo Pakde, Sukarwo Gubernur. Sesungguhnya Bpk. Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum. tidak pernah membuat akun facebook dengan nama apapun. Oleh karena itu, isi dari akun facebook dimaksud diluar sepengetahuan dan ijin beliau - Biro humas & Protokol - Dinas Kominfo Jawa Timur

GUBERNUR JATIM PIMPIN APEL PAGI HARI PERTAMA KERJA 2013

Tanggal: 2-01-2013

Gubernur Jatim Dr.H.Soekarwo (Pak De Karwo) memimpin apel pagi hari pertama masuk kerja tahun 2013, di halaman kantor Gubernur Jln.PahlawanSurabaya, Rabu (2/1).

Dalam arahannya di hadapan para Asisten, Kepala Biro Kepala dinas, badan, kantor dan karyawan dan karyawati di lingkungan Pemprov Jatim, Soekarwo mengatakan, kepemimpinannya dengan Wakil Gubernurnya Gus Ipul  secara umum menjadikan kondisi Jatim pada 2012 cukup baik dan bisa menjaga persatuan dan kesatuan. Meskipun dalam penyerapan anggaran Prov Jatim pada 2012 sekitar 95 persen atau turun 1 persen dibanding pada 2011 yang mencapai 96 persen tetapi kinerja Prov Jatim sudah cukup baik.

Karena dalam waktu dekat Jatim mempunyai hajat pemilihan kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur, maka Gubernur berpesan kepada para birokrasi/PNS harus tetap menjaga kenetralan dan jangan ikut-ikut terlibat dalam politik. Karena jika ada para birokrasi ikut-ikut berpolitik akan bisa melukai para birokrat-birokrat lainnya. Yang penting birokrasi menjalankan tugas bekerja dengan profesional.

Provinsi Jatim harus menjadi contoh provinsi lain di Indonesia, karena diharapkan bisa memberikan sumbangan yang rasional tentang netralitas para birokrasinya agar jangan ikut berpolitik.

Lebih lanjut, Pak Dekarwo menjelaskan, dengan berjalannya pemerintahan yang baik menjadikan birokrasi yang dipimpinnya dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) pada 2012 dinilai paling baik diantara provinsi-provinsi di Indonesia. Bentuk LPPD yang jumlahnya sekitar 138 jenis yang diperiksa oleh 10 kelompok pemeriksa dari departemen dan pihak ketiga sampai saat ini Jatim masih yang terbaik. Sebelumnya tahun lalu dalam LPPD Jatim juga menempati peringkat pertama, disusul Jateng dan Sulsel. Diharapkan pada 2012 Jatim tetap menjadi paling tinggi dan terbaik dalam LPPD dibanding provinsi lain.

Bentuk penilaian LPPD yang resmi seperti laporan pertanggungjawaban Gubernur kepada DPRD telah mendapat nilai paling tinggi dari panitia LPPD pusat. “ jika LPPD bagus berarti pemerintahaan di Jatim berjalan baik dan sehat” ujarnya.

Dalam arahan lainnya, Gubernur mengatakan, pada 2013 Jatim bersama 38 kabupaten/kota telah mendapatkan APBD sekitar Rp 120 triliun. Sementara Produk Regional Domistik Bruto (PDRB) Jatim pada 2013 mencapai Rp 1000 triliun atau 15 persen dari Produk Domistik Bruto (PDB) nasional. Jadi uang yang dikelola oleh pemerintah jumlahnya cuma 1,2 persen dari uang yang beredar dimasyarakat.
Dengan kekuatan yang cuma 1,2 persen dari PDRB tersebut  pemerintah tugasnya hanya merumuskan keputusan yang tepat untuk bisa mengungkit 98,80 persen uang yang beredar di masyarakat.

Pak Dekarwo mengatakan, setiap perencanaan harus ada didukung dengan uang, karena uang adalah darahnya pembangunan kemudian tulang belakangnya pembangunan adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).. Maka jika keuqangannya tidak lancar proses pembangunan menjadi terhambat
Dihadapan para PNS di lingkungan Sekretariat Daerah Prov Jatim Gubernur mengucapkan terimakasih atas kerja sama dan koordinasi membatunya selama 2012 untuk membawa Jatim lebih baik. Berkat kerja keras para pembatunya tersebut membuat 38 kabupaten/kota dan lembaga kantor pusat di Jatim bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

Meskipun masih ada beberapa hambatan sedikit tentang penerimaan kas yang belum seperti diharapkan. SelainThailandbeberapa waktu lalu kena bencana  banjir sehingga banyak pabrik modil yang tidak berproduksi  yang berdampak pada para komnsumen mobil Thailand di Jatim harus menunggu lama untuk mendapatkan mobil tersebut.

Keberhasilan Jatim pada 2012 juga dikarenakan program-program Pemprov mendapat dukungan dari bupati dan walikota di berbagai daerah di Jatim. Kerena bupati dan walikota produk terakhir banyak yang masih muda dan mempunyai pemikiran bagus sehingga pembangunan di Jatim bisa berjalan baik.
Usai memimpin apel, Gubernur mengumpulkan pejabat eselon II dan III dilingkungan Prov Jatim untuk diberi wejangan agar-program pemerintah pada 2013 berjalan baik khususnya program mengurangi kemiskinan dan pertanian. (ryo)