Diumumkan kepada masyarakat pengguna internet, bahwa: Akhir-akhir ini ada sekitar 60 akun facebook yang menggunakan nama Pakde Karwo, Sukarwo Pakde, Sukarwo Gubernur. Sesungguhnya Bpk. Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum. tidak pernah membuat akun facebook dengan nama apapun. Oleh karena itu, isi dari akun facebook dimaksud diluar sepengetahuan dan ijin beliau - Biro humas & Protokol - Dinas Kominfo Jawa Timur

INFRASTRUKTUR YANG BAIK TINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI

Tanggal: 4-12-2012

Pada peringatan Hari Bhakti Pekerjaan Umum (PU) ke-67 tahun 2012 ini, Gubernur Jatim, Dr H Soekarwo kembali mengajak segenap jajaran instansi PU untuk terus memperbaiki dan mambangun infrastruktur yang baik mulai dari sarana jalan, pengairan hingga permukiman. Hal ini, kata Pakde Karwo, akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur.

“Infrastruktur yang baik tentunya akan memberikan fasilitas yang baik pula guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” kata Pakde Karwo memberikan sambutan saat Upacara Peringatan Hari Bhakti PU di halaman Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V, Senin (3/12).

Mengutip data BPS, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada semester I 2012 mencapai 7,2% lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional. Jawa Timur secara komulatif pertumbuhan ekonomi Jatim sepanjang Januari-Juni 2012 melebih ekpektasi bahkan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 6,4%. Sektor lain seperti angkutan hanya tumbuh 8,08% dan keuangan 7,37%. Pertumbuhan relatif rendah dan cenderung stagnan terjadi pada sektor pertambangan yang semester I 2012 hanya tercatat 1,6% sedangkan pertanian tumbuh 3,04%.

Dari semua pertumbuhan itu, penyediaan sarana infrastruktur yang andal dan memadai adalah sebagai faktor utama pemicunya., “Tanpa ketersediaan infrastruktur yang memadai, tentu masing-masing sektor tidak akan saling mendukung,” kata Pakde Karwo.

Ketersediaan infrastruktur yang berkualitas merupakan salah satu faktor penentu daya tarik suatu kawasan/wilayah, di samping faktor kualitas lingkungan hidup, pencitraan, dan masyarakat (budaya). Sementara itu, kinerja infrastruktur merupakan faktor kunci dalam menentukan daya saing global, selain kinerja ekonomi makro, efisiensi pemerintah, dan efisiensi usaha.

Pada peringatan Hari Bakti PU tahun ini tema yang diambil adalah Dengan Semangat Sapta Taruna Kita Tingkatkan Kualitas dan Pelayanan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Permukiman untuk Kesejahteraan Rakyat.

Dengan tema ini ia mengajak seluruh jajaran ke-PU-an dan permukiman untuk menjadikan momentum 3 Desember sebagai pemacu semangat dan pengabdian dalam melanjutkan tahapan pembangunan.

Pada tahun ketiga ini, kata dia, masih ada agenda penting, yaitu kegiatan Review Renstra Kementerian Pekerjaan Umum dan menyelesaikan target yang telah ditetapkan dalam tahun ketiga guna pencapaian sasaran lima tahun (Renstra). Review dilakukan pada pertengahan rencana jangka menengah 5 (lima) tahunan guna melihat dan mengevaluasi kembali rencana yang ditetapkan di tahun 2010.

Selain hal tersebut, pada tahun ketiga pelaksanaan pembangunan jangka menengah ini, telah banyak terjadi perubahan lingkungan strategis dan konstelasi kebijakan arah pembangunan.

Peringatan upacara di halaman BBPJN V diikuti dari dari sejumlah instansi Kementerian PU dan Dinas PU se-Jatim. Sejumlah instansi tersebut, yakni Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jatim, Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Jatim, Dinas PU Pengairan Jatim, Balai Diklat Kementerian Pekerjaan Umum, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, BPLS, BPWS, dan BPLAV dan sejumlah intansi lainnya. (afr)