Diumumkan kepada masyarakat pengguna internet, bahwa: Akhir-akhir ini ada sekitar 60 akun facebook yang menggunakan nama Pakde Karwo, Sukarwo Pakde, Sukarwo Gubernur. Sesungguhnya Bpk. Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum. tidak pernah membuat akun facebook dengan nama apapun. Oleh karena itu, isi dari akun facebook dimaksud diluar sepengetahuan dan ijin beliau - Biro humas & Protokol - Dinas Kominfo Jawa Timur

KEMENPAREKRAF LAUNCHING WISATA SYARIAH DI JAWA TIMUR

Tanggal: 20-12-2012

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)  melaunching Wisata Syariah di Kota Surabaya Jawa Timur. Pengembangan wisata syariah ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan yang menyebutkan tentang pembangunan pariwisata berkelanjutan, serta kode etik pariwisata yang menjunjung tinggi budaya serta nilai lokal.

“Pariwisata syariah dapat didefinisikan sebagai berbagai kegiatan wisata yang didukung berbagai fasilitas dan layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, pemerintah yang memenuhi ketentuan syariah,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, saat soft launching wisata syariah di Empire palace Surabaya, Kamis (20/12)

Menurutnya, dalam upaya mengembangkan dan mempromosikan wisata syariah di Indonesia,Kemenparekraf telah  membentuk Kelompok Kerja. Mereka terdiri dari pelaku industri pariwisata dan akademisi.

“Pembentukan Kelompok Kerja itu guna melakukan serangkaian program diskusi dengan para pendidik, ulama, dan industri pariwisata, peninjauan lapangan ke daerah, dan studi ke negara yang perkembangan wisata syariahnya bagus,” katanya.

Di sisi lain, ia menyatakan, pada hari ini juga dilakukan peluncuran buku dan “booklet” Pariwisata Syariah dari Kemenparekraf serta peluncuran satu buku dari pebisnis wisata syariah sebagai referensi pengembangan destinasi wisata tersebut.

“Lalu, dilaksanakan penandatanganan MoU antara Kemenparekraf dengan MUI terkait sosialisasi pembinaan aspek kesyariahan untuk stakeholders Pariwisata Syariah, Kemenparekraf dengan Universitas Pesantren Tinggi Darul U’lum tentang peningkatan kapasitas SDM Pariwisata Syariah, dan Sofyan Hospitality dengan Crescentrating,” ujarnya.(Fad)