Diumumkan kepada masyarakat pengguna internet, bahwa: Akhir-akhir ini ada sekitar 60 akun facebook yang menggunakan nama Pakde Karwo, Sukarwo Pakde, Sukarwo Gubernur. Sesungguhnya Bpk. Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum. tidak pernah membuat akun facebook dengan nama apapun. Oleh karena itu, isi dari akun facebook dimaksud diluar sepengetahuan dan ijin beliau - Biro humas & Protokol - Dinas Kominfo Jawa Timur

KPU TETAPKAN NOMOR URUT PEMILUKADA JATIM

Tanggal: 16-07-2013

Setelah dinyatakan lolos oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, tiga pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur mengambil nomor urut untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2013 pada rapat pleno pengundian di Hotel JW Marriott Surabaya, Senin (15/7) sore.

Adapun hasil pleno pengundian nomor urut yang dilakukan oleh pihak KPU Jatim dimana rapat pleno pengambilan nomer urut Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) yang mengikuti pemilukada Jatim 2013 ini dipimpin oleh Ketua KPU Jatim Andry Dewanto dan diikuti oleh empat Komisioner KPU Jatim. Hasilnya nomer urut yaitu pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf mendapat urutan nomor satu. Di urutan kedua, pasangan Eggi Sudjana-Muhammad Sihat. Sedangkan, pasangan Bambang DH-Said Abdullah mendapat nomor urut tiga.

“Keputusan ini bersifat final dan digunakan sampai hari pencoblosan,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur Andry Dewanto Ahmad di sela pleno didampingi oleh empat komisiner KPU Jatim.

Dalam sidang pleno yang dipimpin  langsung oleh KPU Jatim ini meminta kepada calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur untuk membuka nomor undiannya secara bersamaan. “Saya minta dibuka secara bersama-sama dan setelah itu ditunjukkan kepada undangan dan media yang hadir dalam rapat pleno pengundian nomor urut ini,” ujarnya.

Setelah diumumkan di depan undangan KPU Jatim mempersilahkan kepada para calon untuk berbicara di depan undangan tentang nomor urut sambil menunggu buka bersama.

Yang pertama yaitu Pasangan Soekarwo-Syaifullah Yusuf (KarSa) mengatakan bersyukur mendapatkan nomor urut 1. Selain itu, pihaknya berterima kasih kepada pihak yang membantu berjalannya tahapan Pemilukada. “Pada dasarnya, berapa pun nomor urutnya tidak masalah dan tetap bersyukur,” ujar Soekarwo.

Sedangkan, pasangan Eggi-Sihat mengaku bangga bisa meraih nomor urut 2. Menurut Eggi, nomor 2 melambangkan dua makna, yakni kedamaian dan berpasang-pasangan. “Kami akan melanjutkan perdamaian dan ketertiban seperti selama ini di Jatim. Sumber daya alam dan mineral yang terkandung di bumi Jatim, akan kami kelola sebaik-baiknya,” ujarnya.

Kemudian, pasangan Bambang DH- Said Abdullah tidak mempermasalahkan nomor urut tersebut. Bahkan, Bambang DH merasa senang karena nomor 3 melambangkan nomor paling besar di antara pasangan lainnya.  “Jadi, semoga pada Pemilukada mendatang juga mendapat suara yang paling besar,” ujarnya.

Sementara itu, pengamanan di luar dan di dalam lokasi pleno pengundian nomor urut terpantau ketat. Masuk ke lokasi, harus melalui dua kali pintu detektor. Undangan dan wartawan tidak diperkenankan membawa benda selain yang dibutuhkan.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Setija Junianta turun langsung memimpin pengamanan. Total, sekitar 1.050 personel gabungan dari Polrestabes dan Polda Jatim dikerahkan. Kendaraan jenis water canon disiagakan di depan hotel untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (pca)