Diumumkan kepada masyarakat pengguna internet, bahwa: Akhir-akhir ini ada sekitar 60 akun facebook yang menggunakan nama Pakde Karwo, Sukarwo Pakde, Sukarwo Gubernur. Sesungguhnya Bpk. Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum. tidak pernah membuat akun facebook dengan nama apapun. Oleh karena itu, isi dari akun facebook dimaksud diluar sepengetahuan dan ijin beliau - Biro humas & Protokol - Dinas Kominfo Jawa Timur

MASYARAKAT TULUNGAGUNG SIAP PILIH PEMIMPIN BARU

Tanggal: 30-01-2013
Sekda Prov Jatim, Dr Rasiyo, saat memantau persiapan Pilkada Tulungagung 2013

Sekda Prov Jatim, Dr Rasiyo, saat memantau persiapan Pilkada Tulungagung 2013

Gelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tulungagung dinyatakan siap 100%, dan Kamis (31/1) masyarakat akan memilih pemimpin baru periode 2013-2018.

Ketua KPU Kabupaten Tulungagung, Suyitno Arman Sos MSi,  saat paparan di Pendopo Kabupaten Tulungagung Rabu (30/1) mengatakan, masa aktif bupati dan wakil bupati berakhir pada 30 April 2013 mendatang. Untuk itu  pemilihan akan dilaksanakan besok Kamis (31/1) Dengan  melibatkan 16.660 penyelenggara mulai pengamanan hingga pengawas di TPS.

Dikatakannya jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT)  dalam Pemilukada Tulungagung 2013 sebanyak 842.383 jiwa. Hadir dalam pertemuan tersebut Sekdaprov beserta Muspida Jatim, komisioner KPU Tulungagung, Polres Tulungagung, Kodim 0807, Panwaslu, seluruh Ketua serta Pokja Pemutakhiran Data PPK se-Tulungagung dan perwakilan instansi terkait dari Pemkab Tulungagung.

Menurutnya jumlah DPT sebanyak 842.383 pemilih itu didapat setelah dilakukan penetapan dan rapat pleno berjenjang mulai tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) sampai tingkat KPU Tulungagung.

“Sebelumnya kami menerima DP4 dari Pemkab dan telah melakukan pemutakhiran data DPS (Daftar Pemilih Sementara). Proses untuk penetapan menjadi DPT harus melalui beberapa jenjang dan waktu. Setelah pemutakhiran data DPS dan diumumkan selama 21 hari kemudian ada DPT perbaikan, baru kemudian menjadi DPT dan juga harus diumumkan selama tiga hari. Yang terakhir penetapan pleno di KPU Tulungagung,” paparnya.

Secara rinci dari 842.383 pemilih yang telah ditetapkan sebagai pemilih dalam Pemilukada Tulungagung 2013, 418.806 pemilih di antaranya merupakan pemilih berjenis kelamin laki-laki. Sedang selebihnya merupakan pemilih berjenis kelamin perempuan. Atau bisa disebut pemilih perempuan merupakan yang terbanyak sebagai pemilih dalam Pemilukada Tulungagung 2013 yakni sebanyak 423.577 pemilih.

Semua pemilih yang terdaftar di DPT akan melakukan pencoblosan surat suara pada tanggal 31 Januari 2013 di tempat pemungutan suara (TPS) yang keseluruhan berjumlah 1.921 TPS. “Dari 19 kecamatan di Tulungagung yang terbanyak TPS-nya ada di Kecamatan Kedungwaru. Jumlahnya mencapai 153 TPS dan Kecamatan Kedungwaru juga tercatat sebagai daerah yang jumlah pemilihnya terbanyak. Yakni sebanyak 70.012 pemilih,” paparnya.

Sementara wilayah kecamatan yang jumlah pemilihnya paling sedikit adalah Kecamatan Tanggunggunung. Jumlah pemilih di daerah yang bertopografi pegunungan tersebut hanya berjumlah 19.892 jiwa.

Ada empat pasangan yang akan bertarung pada Pilkada kali ini, yakni: Pasangan Nomer Satu:  Syahri Mulyo SE–Drs Maryoto Birowo MSi ( SYAHTO). Pasangan Nomer dua:  Moh Athiyah SH – Drs Budi Setijahadi MM (ABDI)  3.Pasangan Nomer tiga :  Drs Isman – Ir Tatang Suhartono MSi (MATANG). Pasangan Nomer empat:  Ir Bambang Adyaksa Utomo – Anna Luthfie Sag MSi (BANGSA)

Sementara Itu Bupati Tulungagung Ir Heru Tjahjono MM mengatakan, persiapan seperti sosialisasi, kampanye (14 hari red), pengamanan, dan lokasi pemilihan hingga proses pemungutan suara, telah siap. “Kami telah melakukan persiapan dengan sangat matang, besok kita siap menggelar Pilkada,” terang Heru.

Anggaran yang disiapkan untuk putaran pertama sebesar Rp 35.036.560.000, sedangkan putaran kedua anggaran yang disiapkan sebesar Rp 10.461.650.000. “Semoga Pilkada ini hanya satu putaran, sehingga kita bisa hemat anggaran,” tuturnya. (hjr,sti)