Diumumkan kepada masyarakat pengguna internet, bahwa: Akhir-akhir ini ada sekitar 60 akun facebook yang menggunakan nama Pakde Karwo, Sukarwo Pakde, Sukarwo Gubernur. Sesungguhnya Bpk. Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum. tidak pernah membuat akun facebook dengan nama apapun. Oleh karena itu, isi dari akun facebook dimaksud diluar sepengetahuan dan ijin beliau - Biro humas & Protokol - Dinas Kominfo Jawa Timur

PEMPROV JATIM KULIAHKAN 6.400 GURU MADRASAH

Tanggal: 7-12-2012

Sampai tahun 2012, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menyalurkan beasiswa kuliah strata satu (sarjana) bagi 6.400 guru Madrasah Ibtidaiyah (MI). Program ini bekerjasama dengan 34 Perguruan Tinggi Islam Negeri maupun Swasta (PTIN/S) yang tersebar di wilayah Jawa Timur.

“Kami ucapkan selamat bagi saudara-saudara yang telah menerima program ini, gunakan sebaik-baiknya, agar bisa lulus tepat waktu,”kata Gubernur Jatim Dr H Soekarwo di sela-sela memberikan materi kuliah terbuka bagi guru MI penerima program beasiswa, di Islamic center Surabaya, Kamis (6/12).

Dengan adanya beasiswa ini, diharapkan sumber daya manusia (SDM) para guru MI akan lebih meningkat. Sehingga kualitas murid didiknya juga diharapkan mengalami peningkatan. Program beasiswa ini,Kata Soekarwo, telah berjalan selama enam  tahun, terhitung mulai tahun 2006. Dan angka penerima beasiswa selalu meningkat. Bahkan pada tahun 2011, guru yang menerima beasiswa sebanyak 1000 orang. Sedangkan tahun 2012 ini juga 1.000 mahasiswa.

Dalam kesempatan kuliah terbuka tersebut, Soekarwo juga berpesan kepada para guru penerima beasiswa, agar ilmu yang di dapat selama kuliah, dapat disalurkan kepada anak didiknya.  “Guru sebagai fasilitator, jadi jangan hanya mengajar saja, tetapi guru harus mampu memberikan sentuhan kepada anak didiknya. Agar proses pembelajaran tidak kaku. Inilah yang dikatakan sebagai pendidikan kartakter,” ujarnya saat berpesan.

Kepala Biro Administrasi kemasyarakan Pemprov Jatim, Thoriq Affandi mengatakan dari ke-6.400 guru MI yang telah mendapatkan beasiswa kuliah ini, sebanyak 2.370 guru telah dinyatakan lulus dan mendapat gelar sarjana. Dengan rincian, angkatan 2006 lulus sebanyak 435,tahun 2007 sebanyak 880 orang dan tahun 2008 sebanyak 175 orang. Sementara angkatan tahun 2009, saat ini masih kuliah pada semester akhir.

Pihaknya berharap, dengan adanya program ini, madarasah mampu mencetak generasi yang andal, cerdas dan beriman. Sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi pemerintah.

Kuliah perdana mahasiswa program beasiswa ini diikuti sekitar 1.300 mahasiswa dari 38 Kabupaten/Kota se-Jatim. Sebagai pemateri kuliah perdana selain Gubernur Jawa Timur, juga dari  IAIN Sunan Ampel Surabaya. (fad)