Diumumkan kepada masyarakat pengguna internet, bahwa: Akhir-akhir ini ada sekitar 60 akun facebook yang menggunakan nama Pakde Karwo, Sukarwo Pakde, Sukarwo Gubernur. Sesungguhnya Bpk. Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum. tidak pernah membuat akun facebook dengan nama apapun. Oleh karena itu, isi dari akun facebook dimaksud diluar sepengetahuan dan ijin beliau - Biro humas & Protokol - Dinas Kominfo Jawa Timur

SEKDAPROV BUKA LIGA PENDIDIKAN INDONESIA

Tanggal: 4-09-2012

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdapro) Jatim, Dr H Rasiyo secara resmi membuka Liga Pendidikan Indonesia (LPI) memperebutkan Piala Gubernur Jawa Timur tahun 2012. Senin (3/9) di GOR Delta Sidoarjo.

Sekdaprov dalam sambutannya menyampaikan pesan gubernur, agar pada turnamen LPI peserta menjunjung tinggi sportivitas. Selain itu, turnamen mendatang peserta diharapkan meningkat. Setidaknya, seluruh kota/kabupaten bisa mengirimkan tim kesebelasan baik dari tim SMP maupun SMA.

Rasiyo mengatakan kegiatan ini sebagai ajang pembibitan utamanya di cabor sepakbola. Dengan begitu akan selalu tersedia talenta-talenta muda di cabor sepakbola. “Pembinaan secara struktural tentu akan membawa hasil positif. Tahun ini lebih baik dibandingkan tahun lalu,” ujar Rasiyo dihadapan para pesepakbola remaja.

Ditambahkan dengan digulirnya Liga Pendidikan Indonesia ini bisa didapatkan 11 pemain yang nantinya bisa menjadi pesepakbola handal di masa depan. “Masak mencari 11 pemain sepakbola yang bagus sulit. Dengan Liga Pendidikan ini, Insya Allah Jatim bisa merebut Piala Presiden,” tandas Rasiyo.

Ditanya perihal Surabaya dan Sidoarjo yang sama sekali tidak mengirimkan wakilnya tiga kali berturut-turut, Rasiyo menegaskan pihaknya akan mengkomunikasikan dengan kedua kepala pendidikan Surabaya serta Sidoarjo.” “Ada apa kok tidak mengirim wakilnya. Masak memilih 11 pemain saja tidak bisa. Kita tanya apa kesulitan yang dihadapi,” tegas Rasiyo.

Even ini  atas program Kemendiknas, menunjuk Dinas Pendidikan Jawa Timur untuk menggelar turnamen LPI sepak bola tingkat pelajar SMP dan SMA se Jatim.

Pada tahun 2012, Pengprov PSSI Jatim memproyeksikan Juara Nasional tingkat SMP dan SMA bisa diraih tim tim dari Jawa Timur. Rencananya Liga Pendidikan Indonesia tingkat Nasional akan digelar akhir tahun ini. Di tahun 2011, SMPN 3 Kebomas, Gresik berhasil membawa pulang piala Presidan setelah di babak final berhasil menang atas wakil dari Jawa Tengah. “Dengan konsep kompetisi berjenjang yang di mulai di tingkat kabupaten/kota, kami realistis tim Jawa Timur akan mampu berprestasi di tingkat nasional,” tutur

Partai pertama yang bertanding adalah SMP Gresik sebagai juara nasional piala Presiden tahun 2011 ditantang oleh SMP Lamongan.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Dr Harun menambahkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada semua siswa yang mengikuti LPI. “Melihat antusiasme peserta, saya menganggap program pemerintah khususnya sepak bola di kalangan pelajar berhasil,” ujarnya.

Pertandingan bakal digelar pada 2 – 7 September 2012. Babak penyisihan dengan menggunakan sistem setengah kompetisi dan babak berikutnya menggunakan sistem gugur. Pertandingan sepakbola tersebut digelar  di lima lapangan di Sidoarjo, dengan veneus utama di Stadion Delta yang juga home base Deltras Sidoarjo. Sedangkan lapangan lainnya antara lain Lapangan Arhanudse Gedangan, Lapangan Brigif 1 Marinir Gedangan dan Lapangan Jenggolo.

Ironisnya, Sidoarjo yang ketiban tempat sebagai pertandingan justru tidak menampilkan wakilnya. Baik tim sepakbolanya di tingkat SMP maupun SMA. Demikian halnya dengan kota terdekatnya yakni Surabaya. Kota Buaya juga tidak mengirimkan tim sepakbola. Padahal selama ini kedua kota tersebut yakni Surabaya dan Sidoarjo dikenal sebagai kota yang menjadi kiblat pesepakbolaan Jatim dan Nasional. Ini yang ketiga kalinya Surabaya dan Sidoarjo tidak berpartisipasi dalam event Liga Pendidikan Indonesia.

Dikatakan Ketua Penyelenggara Rosyid Mardani penyelenggaraan Liga Pendidikan Indonesia tahun ini bagi Pengprov PSSI Jatim dibawah komando Ir . La Nyalla M Mattaliti menjadi penyelenggaraan yang ketiga kalinya sejak tahun 2010.  Sebanyak 37  tim sepakbola akan bertanding di event tahunan dan  akan memperebutkan total uang pembinaan sebesar 50 juta.

“Untuk juara tingkat SMP akan mendapatkan uang pembinaan Rp 25 juta dan tingkat SMA juga Rp 25 juta. Selain itu juaranya akan mewakili Jatim di tingkat nasional memperebutkan piala Presiden,” ujar Rosyid.

Ditambahkan pada tahun 2010, SMA Bangkalan Madura menjadi juara tingkat nasional mendapatkan piala Presiden. Lantas 2011, wakil Jatim SMP 3 Gresik menjadi juara tingkat nasional. Tim-tim yang berlaga  berasal dari 17  tim SMP dan 20 tim SMA yang telah menjuarai  liga di tingkat kabupaten/kota se Jawa Timur.(Her)