Diumumkan kepada masyarakat pengguna internet, bahwa: Akhir-akhir ini ada sekitar 60 akun facebook yang menggunakan nama Pakde Karwo, Sukarwo Pakde, Sukarwo Gubernur. Sesungguhnya Bpk. Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum. tidak pernah membuat akun facebook dengan nama apapun. Oleh karena itu, isi dari akun facebook dimaksud diluar sepengetahuan dan ijin beliau - Biro humas & Protokol - Dinas Kominfo Jawa Timur

Tentang Jawa Timur

Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah Provinsi dan daerah Provinsi dibagi atas Kabupaten dan  Kota  yang  masing-masing menyelenggarakan urusan pemerintahan menurut asas   otonomi  dan  tugas  pembantuan  dengan  prinsip  otonomi yang seluas-luasnya  dalam  sistem  dan  prinsip Negara   Kesatuan   Republik  Indonesia..

Kepala Daerah   untuk   Provinsi  disebut  Gubernur, untuk Kabupaten disebut Bupati, dan untuk Kota  disebut Walikota. Dalam   penyelenggaraan  pemerintahan  daerah,  Kepala   Daerah   dibantu  oleh  Perangkat Daerah yang meliputi Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas Daerah,  dan Lembaga  Teknis Daerah. serta untuk  Kabupaten/Kota termasuk Kecamatan dan Kelurahan.

Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dipilih melalui pemungutan suara secara demokratis berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Gubernur Jawa Timur DR. H. SOEKARWO

Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H.SYAIFULLAH YUSUF

dilantik pada tanggal 12 Pebruari 2014  oleh Menteri Dalam Negeri untuk masa jabatan 2014  sampai dengan 2019.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Pemerintahan di Jawa Timur, berikut disajikan beberapa informasi antara lain :

Selintas Jawa Timur

Sejarah Provinsi Jawa Timur

Lambang Daerah